Surge Arrester

Surge Arrester

Surge Arrester adalah alat pelindung system kelistrikan terhadap tegangan lebih.Surge arrester merupakan alat yang dapat digunakan untuk melindungi peralatan elektronik dari induksi terhadap arus lebih dari petir,induksi petir dapat menyebabkan rusaknya peralatan elektronik anda seperti komputer, pabx, telepon, cctv dan dvr dan peralatan lainya yang terkoneksi dengan listrik.

Surge arester ini termasuk sistem proteksi internal.
Proteksi petir internal merupakan perlindungan terhadap system elektronika didalam bangunan Atau gedung akibat tegangan lebih yang ditimbulkan oleh induksi elektromagnetik akibat sambaran arus petir tak langsung.fungsi dari surge arrester adalah memutuskan arus lebih atau induksi dari petir kemudian menyalurkanya ke grounding ( pembumian )

Terdapat beberapa jenis surge arrester tergantung kebutuhan dan perlindungan untuk sistem proteksinya, yang otomatis menentukan jenis arrester yang akan digunakan sbb :

Macam Surge arrester
arrester proteksi induksi pada kelistrikan terdapat beberapa tipe :
1. Proteksi pada panel induk
2. Proteksi pada panel pembagi
3. Proteksi pada alat

Arrester proteksi induksi pada data terdapat beberapa tipe :

1. Proteksi Server, Router dan PC (RJ45 interface)
2. Proteksi PABX dan line telepon
3. Proteksi radio dan satelit telekomunikas (BNC,N,F connector)
4. Proteksi mesin absensi (RS232 interface)
5. Proteksi untuk CCTV dan DVR

Induksi Sambaran Petir secara umum bisa terjadi diantaranya :
1. Sambaran Tembus.
2. Sambaran Rambatan.
3. Induksi Elektromagnetik.

Komponen utama dalam surge arrester ada 2 yaitu varistor dan GDT, varistor adalah komponen khusus dalam surge arrester yang dapat menyerap arus induksi petir atau apabila ada arus lebih yang masuk melewatinya. Varistor ini memiliki daya tahan tertentu terhadap petir, jadi belum tentu akan rusak pada 1x sambaran petir, varistor biasa digunakan sebagai komponen utama surge arrester power. Sedangkan GDT adalah komponen yang tidak jauh beda fungsi dan cara kerjanya dengan Varistor, yaitu menyerap arus petir / induksi petir hanya saja kapasitas nya lebih rendah, biasa hanya sekitar 5-10 KA. GDT biasa digunakan sebagai komponen utama dalam arrester data.

Demikianlah sedikit ulasan tentang produk Surge Arrester Alat Pelindung Induksi Arus Petir dan fungsinya, untuk info lebih lanjut silahkan hubungi call center kami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

17 − 16 =